admin Penyuka tanaman dan penyayang binatang peliharaan, kesibukan disela-sela kerja merawat tanaman hias dan meraup keuntungan darinya juga sebagai pemasukan tambahan :)

Cara Perawatan Bunga Anggrek

2 min read

Budidaya dan perawatan aneka bunga anggrek

Merawat bunga kesayangan dirumah tentu merupakan hobi yang menyenangkan, salah satu bunga yang menjadi primadona akhir-akhir ini adalah bunga anggrek, nah pada kesempatan yang berbahagia ini tanamanbunga.com akan merangkun cara merawat bunga anggrek secara baik dan benar. Yuk disimak ya.

Bunga Anggrek Epifit

8 Langkah merawat anggrek secara benar.

Terdapat 8 langkah yang bisa anda coba untuk merawat bunga anggrek silahkan disimak ya :

  1. Pilih Media Tanam yang Cocok.
  2. Gunakan Pot yang Tepat.
  3. Letakkan di Tempat Lembapdan terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung
  4. Rajin Dibersihkan.
  5. Hindari Panas Berlebih. Usahakan jaga kelembaban
  6. Siram Secara Rutin.
  7. Berikan Pupuk Berkala.
  8. Semprot dengan Antihama.

Bagaimana Langkah Agar Anggrek Tumbuh Sehat?

Pemupukan supaya anggrek rajin berbunga yaitu dengan pemberian pupuk dengan kandungan unsur hara P yang tinggi. Pemupukan bisa diberikan melalui penyemprotan/ penyiraman bisa juga memakai pupuk slow rilis yang ditaburkan pada media tanam anggrek. Pemberian ZPT atau Hormon.

Bagaimana Cara Yang Benar Menyiram Anggrek?

Menyiram anggrek bertujuan untuk memberi kelembaban pada bagian kulit kayunya, bukan akarnya. Gunakanlah air yang bersuhu ruangan, tidak dingin, tidak hangat. Sebaiknya, jangan biarkan air mengendap pada bagian pertemuan antara daun dan batang anggrek. Karena ini bisa menyebabkan pembusukan.

Mengapa Anggrek Harus Ditaruh Ditempat Yang Lembab?

Hal ini tentu sudah lama menjadi bahan perbincangan, nah berikut ini adalah alasan mengapa anggrek sebaiknya ditaruh ditempat yang agak lembab. Bunga anggrek termasuk tanaman tropis yang bisa bertahan pada lingkungan yang cukup lembab. Tingkat kelembaban tanaman ini harus selalu dijaga agar bisa tumbuh dengan baik. Bunga anggrek juga perlu disiram agar tidak mati karena mengalami kekurangan air.

Berapa Kali Setahun Anggrek Bisa Berbunga?

Anggrek Phalaenopsis, atau juga dikenal sebagai anggrek ngengat, adalah varietas yang paling populer. Akan tetapi, ada banyak spesies anggrek yang berbeda. Jika Anda merawatnya dengan benar, kebanyakan anggrek akan berbunga setidaknya sekali setahun.

Apakah media tanam yang bagus buat anggrek?

Untuk kegiatan budidaya atau penanaman media anggrek, ada beberapa media tanam yang bisa kamu gunakan, seperti pecahan batu bata, pecahan genteng, sabut kelapa, moss, arang, serbuk gergaji hingga pakis.

Media Tanam Anggrek Dendrobium

Berbeda dengan anggrek pada umumnya media tanam anggrek dendrobium memerlukan beberapa bahan lain, kamu harus memenuhi beberapa hal. Ada beberapa jenis media tanam yang bisa kamu coba di antaranya adalah arang kayu, pecahan bata merah, dan serabut kelapa. Namun, media tanam yang paling sering digunakan dan efektif adalah arang kayu.

Penyebab Anggrek Dendrobium Tidak Berbunga

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan anggrek Dendrobium tidak berbunga adalah kurangnya paparan cahaya matahari. Varietas anggrek populer seperti cattleya, dendrobium, dan cymbidium senang dengan kondisi cahaya yang terang namun tidak langsung.

Cara sederhana memperbanyak anggrek

Anggrek yang berdaun lebar seperti dendrobium, cattleya, phalaenopsis dapat diperbanyak dengan dua cara, yaitu dengan membelah rumpun batangnya dan dengan cara stek tunas berakar yang tumbuh di sekitar ujung batang. Kedua bahan perbanyakan tanaman tadi langsung ditanam di dalam pot berisi media tanam.

Bagaimana langkah perawatan anggrek bulan?

6 Langkah Sederhana perawatan Anggrek Bulan

  1. Perhatikan Kondisi Sinar Matahari. Pastikan cukup
  2. Jaga Suhu dan Kelembapan Udara.
  3. Letakkan di Ruangan dengan Sirkulasi Udara yang Baik.
  4. Perhatikan Cara Menyiram. Perbesar.
  5. Lakukan Pemupukan dengan Benar. Perbesar.
  6. Cegah Hama Berbahaya.

Berapa Harga Pasaran Anggrek Bulan?

Harga pasaran anggrek bulan masih terbilang terjangkau. Untuk bibit kamu bisa membelinya dengan harga kisaran Rp12.000. Untuk bunga yang sudah remaja kamu bisa membelinya dengan harga Rp30.000. Sementara untuk anggrek bulan berukuran jumbo bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp75.000, jenis anggrek ini cocok buat kamu yang baru terjun di hobi tanaman bunga anggrek.

Berapa Pasaran Harga Bunga Anggrek Putih.?

berikut ini kami lampirkan harga pasaran dari bunga anggrek putih sekedar sebagai data acuan anda para pecinta bunga anggrek.

Harga Anggrek bulan rangkaian 1 Pohon termasuk pot, Warna PutihRp265.000
Harga Anggrek Bulan Putih Lidah KuningRp130.000
Harga Anggrek bulan putih dewasa siap berbunga bibit anggrekRp62.500
Harga tanaman anggrek bulan ungu/putihRp50.000

Nah itu tadi sekilas rangkuman informasi yang berhasil kami kumpulkan untuk anda semua para pembaca tercinta tanamanbunga.com semoga informasi harga, perawatan dan media tanam anggrek ini membawa manfaat buat anda. Tentu ini juga akan sedikit membantu anda yang sudah mulai berencana merawat bunga anggrek sebagai saranan pemasukan tambahan. Salam indah salam cantik anggrek ya.

admin Penyuka tanaman dan penyayang binatang peliharaan, kesibukan disela-sela kerja merawat tanaman hias dan meraup keuntungan darinya juga sebagai pemasukan tambahan :)