admin Penyuka tanaman dan penyayang binatang peliharaan, kesibukan disela-sela kerja merawat tanaman hias dan meraup keuntungan darinya juga sebagai pemasukan tambahan :)

Jenis Bunga Dalam POT

1 min read

Tips Merawat Bunga Dalam POT

Menanam tanaman dalam pot merupakan salah satu alternatif yang bisa anda pertimbangkan ketika anda tidak memiliki lahan untuk menanam. Bahkan dengan media pot ini, tanaman bisa terlihat lebih indah dan unik, karena saat ini pun terdapat berbagai jenis pot yang unik mulai dari yang besar hingga yang kecil.

Anda perlu mengetahui beberapa jenis tanaman bunga dalam pot yang sesuai dengan lingkungan rumah anda. Adapun jenis tanaman yang cocok ditanam dalam pot diantaranya:

  • Bunga kertas atau bougenville yang memiliki banyak warna, bisa anda letakkan didepan teras atau disudut ruangan. Tanaman ini berfungsi sebagai filter debu dalam ruangan.
  • Bunga anggrek, bunga sepatu, mawar dan melati yang sangat mempesona dan memiliki aroma harum juga cocok diletakkan di depan teras dan dalam ruangan.
  • Bunga matahari bisa ditanam dalam pot dan ditaruh didepan rumah.
  • Bunga alamanda yang juga bisa menghias kanopi rumah.
  • Bunga dandelion, pelargonium merah, yellow celosia plumosa, red celosia plumosa, dan berbagai bunga lainnya ditaruh di teras rumah.
  • Tanaman bunga dollar yang cocok dalam ruangan.

Cara sederhana menanam bunga dalam pot

Nah berikut ini adalah cara menanam bunga dalam pot supaya mendapatkan hasil yang maksimal :

  • Anda perlu memilih pot yang sesuai dengan ukuran tanaman bunga, dan usahakan pot memiliki lubang drainase yang cukup.
  • Isi pot dengan pecahan batu merah, baik batu bata atau genteng sebagai pengikat air pada dasar pot.
  • Isi pot dengan campuran media tanam yang ideal dan sesuai, seperti menggunakan tanah gembur, campuran pasir, jenis pakis, sabut kelapa, arang, serbuk kayu, dan lainnya.
  • Anda juga perlu memberikan pupuk seperti pupuk kandang, pupuk kimia dan lainnya dengan takaran dosis yang cukup.
  • Lalu tanaman bunga bisa ditanam ke dalam tanah dan menumpuknya kembali dengan tanah. Usahakan anda mengisi tanah dengan menyisakan 2-3 cm pada bibir pot, sehingga tidak mempersulit penyiraman.
  • Kemudian anda bisa menyiramnya dengan menggunakan semprotan sehingga dapat tersiram secara merata, dan waktu yang cocok adalah pagi hari. Penyiraman bagi tanaman dalam ruangan bisa anda lakukan di luar dengan mengeluarkan pot terlebih dahulu.
  • Usahakan untuk membersihkan dinding pot dahulu jika anda ingin memasukkannya kembali ke dalam ruangan.
  • Ada beberapa tanaman yang perlu mendapat sinar matahari, maka jika anda menaruhnya dalam ruangan, anda bisa mengeluarkannya selama 3-4 jam untuk mendapat sinar matahari, dan memasukkannya kembali.
  • Anda perlu mengganti media tanam dalam pot sehingga tidak menghambat pertumbuhan tanaman, dan juga perlu mengganti pot ketika rusak.

Jika bunga sudah mulai tumbuh dengan baik maka langkah selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah perawatan dengan baik bunga yang anda tanam dalam pot tersebut. Berikut ini adalah langkah merawat bunga dalam pot :

Langkah Merawat Tanaman di Dalam Pot
  1. Pemilihan dan penambahan media tanam yang berkualitas jika dirasa kurang
  2. Penyiraman secara teratur.
  3. Beri pupuk secara teratur. Pupuk merupakan salah satu kebutuhan mutlak bunga yang ada dalam pot supaya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik
  4. Pemangkasan secara teratur untuk tanaman yang memiliki cabang dan daun yang terlalu berlebihan
  5. Perbarui dan ganti pot, jika sudah lama jangan lupa untuk memindahkan bunga kesayangan anda ke dalam pot yang baru, hal ini untuk menjaganya tetap kuat dan tidak retak atau lapuk.

Nah itu tadi cara sederhana dan informasi yang perlu anda ketahui sebelum anda menanam bunga dalam pot ya teman-teman. Nantikan terus informasi terbaru kami dari tanamanbunga.com tentang tips dan trik merawat bunga kesayangan anda dirumah.

admin Penyuka tanaman dan penyayang binatang peliharaan, kesibukan disela-sela kerja merawat tanaman hias dan meraup keuntungan darinya juga sebagai pemasukan tambahan :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *