admin Penyuka tanaman dan penyayang binatang peliharaan, kesibukan disela-sela kerja merawat tanaman hias dan meraup keuntungan darinya juga sebagai pemasukan tambahan :)

Bunga Aglaonema Dan Perawatannya

5 min read

Jenis Bunga Aglaonema Dan Perawatannya

Bunga aglonema akhir-akhir ini cukup menyita perhatian para pecinta bunga di kalangan masyarakat kita, banyak yang mencari jenis bunga aglonema yang unik, perawatan dan harga pasarannya. Nah pada kesempatan ini kami akan berbagi sedikit tips dan informasi yang cukup mendetail tentang bunga aglonema yang populer ini.

Sejarah Dan Jenis Bunga Aglonema

Salah satu diantara jenis bunga aglaonema adalah Aglaonema rotundum, Aglaonema rotundum sendiri adalah spesies aglaonema asal Sumatera. Sedangkan Aglaonema commutatum merupakan spesies asal Filipina. Hasil persilangan kedua spesies ini menghasilkan corak warna kemerahan dan dikenal dengan nama “Pride of Sumatera”. Spesies Aglaonema rotundum merupakan jenis khas Indonesia yang ditemukan di Sumatera Utara dan Aceh. Jenis ini sangat otentik karena berdaun merah. Jenis inilah yang kabarnya menjadi cikal bakal munculnya aglonema hibryd berdaun merah.

Diantara beberapa jenis bunga Aglaonema adalah :

  • Aglaonema cinta. Jenis aglaonema ini dinamakan cinta karena bentuknya yang menyerupai hati.
  • Aglaonema lipstik. Aglaonema lipstik memiliki pinggiran warna merah di daunnya.
  • Aglaonema moonlight.
  • Aglaonema Pride of Sumatera.
  • Aglaonema Adelia.
  • Aglaonema Widuri.

 

Berikut adalah kelebihan tanaman aglonema yang perlu anda ketahui:
  • Mudah Beradaptasi.
  • Mudah Perawatannya.
  • Filter Udara Alami.
  • Mudah Dibudidayakan.
  • Bisnis yang Menjanjikan.
  • Intensitas Penyiraman Yang Tidak Terlalu Menyita Waktu.
  • Perawatan Yang Mudah.

Jenis bunga Aglaonema Berharga Mahal

  • Aglaonema Red Kochin. Jenis aglaonema yang pertama adalah Red Kochin, bibit tanaman ini dijual di pasaran dengan harga 50-100 ribuan.
  • Aglaonema Adelia.
  • Aglaonema Red Peacock.
  • Aglaonema Pride of Sumatera.
  • Aglaonema Khanza.
  • Aglaonema Anyamanee.

Aglaonema Red Kochin sendiri terdiri lagi dari beberapa jenis yaitu :

  • Aglaonema Kochin Paramuay.
  • Aglaonema Kochin Pink.
  • Aglaonema Kochin Tembaga.
  • Aglaonema Kochin Brown.
  • Aglaonema Kochin Escada.
  • Aglaonema Kochin Cameleon.
  • Aglaonema Kochin Merapi.
  • Aglaonema Kochin Rembulan.

Jenis Aglaonema Import

Beberapa jenis bunga aglaonema import diantaranya adalah :
  1. Aglonema black lipstik.
  2. Aglonema ruby garuda.
  3. Aglonema emerald.
  4. Aglonema sweet dream.

Faktor penyebab bunga aglonema mahal?

Diantara beberapa faktor penyebab bunga ini mahal adalah usianya, usia Aglaonema yang dewasa juga dapat mempengaruhi harga. Semakin dewasa usianya akan jauh lebih mahal harganya, dibandingkan yang usianya masih muda. Dari umur inilah yang menjadi faktor utama mengapa jenis Aglaonema mahal.

Perawatan Bunga Aglaonema

Cara Mewarat Bunga Aglaonema

Penyiraman

Tidak hanya pupuk, menyiram aglonema dengan air biasa harus tetap dilakukan. Lakukan penyiraman setiap tiga hari sekali saat musim panas dan dua hari sekali saat musim hujan. Siramkan air ke bagian bonggol (bagian atas dari sela-sela akar) dan media tanaman aglonema.

Pemupukan / Perawatan

Cara Merawat Aglonema agar Cepat Besar dan Subur

  1. Beri pupuk daun secara rutin. Hal pertama untuk bisa membuat tanaman aglonema cepat besar dan subur adalah dengan memberikan pupuk daun secara rutin. …
  2. Semprotkan larutan vitamin B1.
  3. Selalu gunakan pot yang sesuai untuk aglonema.

Pupuk dekastar menjadi salah satu pupuk yang direkomendasikan untuk diberikan pada aglonema. Kamu bisa memberikan pupuk dekastar plus osmocote 13-13-13+TE. Selain itu pupuk NPK Mutiara atau pupuk NPK Mutiara 16-16-16 juga merupakan salah satu pilihan jenis pupuk yang bisa diberikan dalam proses pemupukan tanaman hias, salah satunya aglonema.

Micin

Manfaat micin untuk tanaman aglonema ini juga ramah lingkungan. Micin yang berbentuk kristal jika dilarutkan dengan air tidak akan mengubah warna tanah sama sekali. Tanaman yang diberi pupuk micin akan tampak sehat, segar, dan berdaun lebat. Hal tersebut berkat senyawa C, H, O dan Na yang terkandung di dalam micin.

Perawatan Bunga Aglaonema Agar cepat Beranak

4 Langkah Mudah Membuat Tanaman Aglonema agar Cepat Beranak
  1. Ganti media tanam. Lamgkah pertama agar aglonema cepat beranak atau bertunas adalah dengan mengganti media tanamnya.
  2. Pindahkan ke tempat yang lebih teduh.
  3. Hentikan pemakaian pupuk kimia.
  4. Penyiraman.

Tahukah kamu, tanaman aglonema bisa ditanam tanpa akar? Ya, cara ini dilakukan untuk memperbanyak tanaman aglonema dengan memotong bagian ujung tanaman lalu ditanam sebagai tanaman baru

Pupuk Aglonema Biar Cepat Beranak

Pupuk untuk membuat aglonema cepat beranak dan bertunas banyak sebenarnya sangat sederhana, kamu hanya perlu mempersiapkan sekitar 2 liter air bekas cucian beras atau air leri. Kemudian kamu perlu menggunakan pupuk daun, yakni pupuk Growmore 32-10-10. Pupuk ini mengandung unsur nitrogen (N) yang tinggi.

Bagaimana cara memperbanyak aglaonema?

Cara Perbanyakan tanaman Aglonema dengan setek batang :
  1. Pilih batang aglaonema yang sudah tua dan sehat.
  2. Potong batang di bawah daun terbawah.
  3. Tanam potongan yang berdaun pada media tanam.
  4. Lakukan penyiraman dan tempatkan pada tempat yang teduh.

Kenapa daun bunga Aglaonema menguning?

Salah satu penyebabnya adalah media tanam terlalu lembap.

Sering sekali penyebab utama kasus daun aglonema yang menguning adalah karena tanah atau media tanamnya terlalu lembap. … Tanah untuk menanam aglonema memang harus tetap lembap, namun tidak basah. Jadi, kamu perlu ingat itu.

Cara Membuat Daun Aglonema Jadi Merah

  • Hindarkan dari cahaya matahari langsung. Saat menyimpan aglonema di dalam rumah, pastikan mereka tetap terkena cahaya matahari meski tidak secara langsung.
  • Gunakan pupuk NPK 16-16-16.
  • Penyiraman Yang Sedang.

Apa yang membuat warna daun tanaman menjadi hijau?

klorofil. Karena banyaknya klorofil pada daun, maka warna daun pun menjadi hijau.

Media Tanam Aglaonema

Untuk media tanam aglonema yang subur dan cepat bertunas, kamu hanya cukup menggunakan sekam bakar dan tanah serta tambahan pupuk daun Gandasil D atau Growmore. Pupuk daun tersebut hanya perlu dicampurkan ke dalam media tanam berisi campuran sekam bakar dan tanah.

Sekam Mentah

Sekam mentah memiliki kelebihan mudah mengikat air, tidak mudah lapuk, mengandung kalium (K) yang dibutuhkan tanaman, serta tidak mudah menggumpal.

Perbedaan Aglaonema Dan Keladi

Perbedaan aglaonema dan keladi yang paling mencolok adalah tangkai, besar dan ketebalan daunnya. Keladi rata-rata mempunyai tangkai daun yang lebih panjang daripada aglaonema. Keladi mempunyai ketebalan daun yang lebih tipis dari aglaonema. Keladi rata-rata mempunyai daun yang lebih lebar dari aglaonema.

Ciri-Ciri Bunga Keladi

Adapun ciri dari keladi, yaitu bentuk daun lebar memanjang ke depan membentuk hati, daun tipis, corak warna yang mencolok seperti hijau, putih, pink, dan merah, berumbi, dan tidak memiliki batang namun memiliki tangkai daun yang panjang. Ada pula yang menyebut tanaman ini berbentuk sayap malaikat dan kuping gajah.

Perbedaan Aglaonema Dan Dieffenbachia

Aglaonema biasanya memiliki unsur perak keabu-abuan pada daunnya, sedangkan Dieffenbachia tidak. Daun aglaonema juga biasanya lebih panjang dan tipis dibandingkan Dieffenbachia. Pasalnya, bagian daun, getah dan juga batangnya dapat menyebabkan rasa gatal.
Dieffenbachia merupakan salah satu dari sekian tanaman hias populer yang biasa ditanam di pekarangan atau kebun di rumah. Keindahannya berasal dari bentuk tajuk dan juga warna daunnya yang bervariasi, yakni hijau dengan bercak-bercak hijau muda atau kuning.

Tanaman Dieffenbachia Apakah Berbahaya?

Rupanya, di balik rupa tanaman hias Dieffenbachia sangat beracun dan berbahaya bagi makhluk hidup. Ya, ternyata tanaman yang biasa dikenal dengan nama Sri Rejeki, Beras Wutah atau Dumb Cane tersebut memiliki getah beracun.

Perbedaan Aglaonema Dan Blanceng

Tanaman Aglonema pada umumnya jika dipotong batang dan atau daunnya akan bergetah. Sedangkan Blanceng, jika dipotong batang dan atau daunnya, akan mengeluarkan aroma khas tidak sedap dan bergetah

Cara Merawat Tanaman Dieffenbachia

  1. Cegah penyiraman berlebihan.
  2. Hindari pencahayaan langsung.
  3. Tempatkan di ruangan yang lembap.
  4. Berada di suhu yang hangat.
  5. Pemangkasan.
  6. Mengganti pot.
  7. Memperbanyak tanaman.
  8. Hati-hati pada getahnya.

Apakah aglonema harus kena sinar matahari?

Membuat batang aglonema kokoh

Jadi, kalau tanaman aglonema mudah layu, selalu rutin menjemurnya di bawah sinar matahari pagi. Namun, perlu diingat, jangan menjemur aglonema di sinar matahari pagi terlalu lama. Sebaiknya, jemur kurang-lebih hanya 15-30 menit, tergantung cuaca.

Proses penjemuran harus rutin dilakukan agar pertumbuhan aglonema semakin baik dan daunnya semakin lebar serta rimbun. Namun, jangan tinggalkan tanaman aglonema yang sedang dijemur karena bisa saja kamu lupa dan membuat tanaman aglonema terlalu lama dijemur sehingga membuat daunnya layu hingga gosong.

Bolehkah aglonema di taruh dalam ruangan?

Anda bisa menempatkan aglonema di setiap sudut rumah tanpa khawatir daunnya layu. Pasalnya tanaman ini memang tidak membutuhkan pencahayaan khusus. Dia bisa tumbuh subur dengan siraman cahaya matahari yang banyak maupun minim.

Apakah aglonema lipstik bisa di dalam ruangan?

Salah satu tanaman hias aglonema yang cukup menarik perhatian tak lain adalah jenis lipstik. Aglonema lipstik adalah tanaman hias yang kuat, tahan kekeringan, perawatan mudah, disebut tanaman hias pembawa keberuntungan, dan tidak perlu sering diberi makan atau disiram dan sangat baik di lingkungan dalam ruangan.

Tanaman hias yang tengah menjadi primadona ini tergolong mudah dirawat dan bisa disimpan di dalam ruangan karena tak membutuhkan banyak sinar matahari. Karena itu, Anda bisa meletakkan tanaman ini di sudut ruangan yang gelap untuk memberikan warna di area tersebut.

Apakah aglonema bisa ditanam di air?

Aglaonema atau yang lebih dikenal dengan nama Sri Rezeki dan Chinese Evergreen merupakan tanaman hias yang sangat populer. Meskipun dapat tumbuh subur di tanah, aglaonema juga dapat hidup dalam air.

Kenapa aglonema bisa bermutasi?

Penyebabnya adalah jumping gen atau perubahan susunan gen DNA. Terjadi karena beberapa faktoryakni lingkungan ekstrem, pemberian hormon tertentu atau tingginya variasi genetik akibat sering dilakukan persilangan. Perbanyakan terlalu tinggi juga dapat memicu perubahan wujud aglaonema.

Mengapa dilarang menaruh tanaman dalam rumah malan hari?

Tumbuhan adalah makhluk hidup yang melepaskan karbon dioksida ke udara pada malam hari. Adapun pada saat bersamaan, kita justru harus tengah beristirahat dan melepas lelah pada malam hari. Nah oleh karena itulah, menempatkan tanaman di kamar tidur jelas bukan merupakan ide yang baik

Mengutip dari World of Buzz, jika meletakkan tanaman dengan tanah di dalam ruangan ternyata berbahaya. Hal itu bisa menyebabkan penyebaran mikroorganisme yang mempengaruhi kesehatan manusia. Menurutnya, Tanaman ini jika ditanam dalam ruangan, dengan tanah, akan menjadi tempat berkembangnya mikroorganisme.

Bunga apa saja yang bisa ditaruh di dalam rumah?

  1. Lidah mertua. Lidah mertua adalah tanaman luar biasa yang dapat kamu tambahkan ke ruang kamar tidur atau sudut rumah mana pun.
  2. Lidah buaya.
  3. Peace lily.
  4. Rosemary.
  5. Daun ivy.
  6. Lavender.
  7. Pothos emas.
  8. Serai.

Nah demikian itu sekilas informasi tentang bunga hias mulai dari aglaonema, keladi dan yang lainnya yang tanamanbunga.com sajikan buat anda ya, semoga bermanfaat.

admin Penyuka tanaman dan penyayang binatang peliharaan, kesibukan disela-sela kerja merawat tanaman hias dan meraup keuntungan darinya juga sebagai pemasukan tambahan :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *