Tips Menanam Benih Tanaman Buah Hingga Cepat Berbuah

benih tanaman buah

Jika anda memiliki tanaman buah yang tidak pernah menghasilkan buahnya, maka terdapat kesalahan dalam cara menanamnya. Tanaman buah adalah jenis tanaman yang dapat menghasilkan buah baru yang bisa dikonsumsi oleh manusia sebagai bahan makanan, oleh karena itu, kurang pantas jika ada tanaman buah yang tidak berbuah. Untuk itu, kita perlu memperhatikan cara penanaman buah yang baik mulai dari benihnya hingga akhirnya bisa tumbuh subur dan berbuah lebat.

Adapun beberapa tips mudah menanam benih tanaman buah hingga akhirnya bisa tumbuh subur dan berbuah lebat, yaitu:

  1. Anda perlu menyiapkan media tanam terbaik untuk menanam benih. Syarat media tanam terbaik adalah:

1)      Mampu menopang tanaman agar bisa berdiri tegak

2)      Memiliki unsur hara yang dibutuhkan tanaman baik makro atau mikro, dan memiliki nutrisi yang cukup.

3)      Media tanam dapat mengalirkan kelebihan air yang tidak dibutuhkan sehingga air tidak tergenang dalam media tanam.

  1. Media tanam harus memiliki suplemen yang baik dengan menambahkan pupuk organik seperti pupuk kompos dan pupuk kandang, serta cocok untuk penggemburan tanah. Pupuk dapat ditanamankan kedalam media tanam atau dengan disemprotkan pada media tanam.
  2. Benih buah bisa anda tanam ke dalam media tanam dengan tidak terlalu dalam.
  3. Lakukan penyiraman dengan air bersih pada media tanam. Untuk pertumbuhan benih, penyiraman cukup dilakukan tiga hari sekali dengan air tidak berlebihan.
  4. Setelah benih tumbuh menjadi kecambah dengan adanya akar dan beberapa daun serta batangnya yang sudah kuat, maka anda perlu merawatnya dengan penyiraman sehari dua kali pada pagi dan sore hari.
  5. Usahakan agar tanaman buah mendapat cahaya matahari yang cukup.
  6. Lakukan pemupukan secara teratur cukup sebulan sekali.
  7. Anda bisa melakukan pengeratan batang, agar dapat menghalangi makanan yang telah ada di batang turun lagi melalui susunan kambium, sehingga dapat merangsang percepatan buah. Jangan lakukan pengeratan pada musim hujan.
  8. Lakukan pemangkasan pada daun-daun yang sudah tua dan cabang atau ranting yang mulai mengering.
  9. Penanggulangan hama perlu dilakukan dengan penyemprotan secara kimia dengan insektisida dan secara alami dengan biopestisida, sehingga tanaman tidak mudah terserang penyakit oleh hama.
  10. Bersihkan wilayah penanaman tanaman buah, yakni pada sekeliling batang, dari rumput liar atau dedaunan kering, sehingga tanaman selalu terlihat bersih.

Perawatan terhadap tanaman buah ini perlu dilakukan dengan penuh kesabaran dan keuletan. Dengan pemilihan media tanam yang baik, maka pertumbuhan tanaman buah akan tumbuh subur dan cepat berbuah. Tanaman buah merupakan jenis tanaman tahunan sehingga butuh perawatan maksimal agar cepat berbuah.


, tanaman buah
Admin November 8, 2013 5