Penggunaan Media Tanam Pakis Cocok untuk Media Tanam Bunga

media tanam pakis

Pakis merupakan salah satu jenis tanaman pohon yang memiliki dua jenis warna batang pakis yaitu warna hitam dan coklat. Tanaman pakis hitam ini lah yang sudah tidak asing dijadikan sebagai media tanam untuk beberapa jenis tanaman. Pakis hitam ini adalah batang yang sudah tua dan kering, dan mudah dibentuk menjadi potongan kecil sebagai cacahan pakis. Batang pakis juga digunakan sebagai media tanam berbentuk lempengan persegi yang siap pakai, namun kelemahannya media ini sering dikunjungi semut dan binatang lainnya.

Mengapa tanaman pakis dijadikan sebagai media tanam pakis…?? Hal ini dikarenakan, tanaman pakis memiliki karakteristik media tanam yang lebih unggul, yaitu:

  1. Bersifat porous sehingga mudah menyimpan dan mengikat air, serta dapat mengalirkan kelebihan air yang tidak dibutuhkan sehingga tidak mudah basah dan tergenang air.
  2. Memiliki rongga-rongga untuk proses drainase dan aerasi yang baik.
  3. Dapat menyimpan cairan dalam waktu lama sehingga bisa menjadi sarana penyimpanan zat berbahaya bagi hama dan tetap ramah terhadap tanaman. Maka perakaran tanaman tetap terlindung dari hama untuk jangka waktu lama.
  4. Mengandung unsur hara sebagai suplemen penambah nutrisi tanaman.
  5. Bertekstur lunak sehingga akar tanaman tumbuh lebih leluasa.
  6. Memiliki daya tahan lebih lama, dengan daya lapuk relatif lama yang terjadi secara perlahan.

Melihat keunggulannya itu, maka pakis sangat cocok digunakan sebagai media tanam bunga. Apalagi untuk tanaman bunga dalam pot, media ini sangat cocok sebagai media tanaman bunga hias dalam pot. Selain itu, agar media tanam ini lebih unggul lagi, maka kita perlu memilih media pakis berkualitas terbaik, sehingga tidak terjadi hambatan dalam pertumbuhan bunga nantinya. Media pakis yang berkualitas adalah:

-          Memiliki warna coklat kehitaman, dan bukan warna coklat.

-          Pilih pakis yang ketika diremas, ia mudah patah.

-          Pakis yang bersih dan steril, yaitu tidak ada tanah yang menempel.

-          Pilih pakis yang tua sehingga terasa lebih ringan karena ia tidak mengandung air.

-          Serta pilih pakis yang berporositas tinggi.

Media pakis ini bisa anda dapatkan di berbagai toko, yakni dijual dengan dua kondisi yaitu pakis berbentuk papan dan pakis serpihan yaitu pakis dalam karung. Setelah anda mendapatkan media tanam ini, maka sebaiknya anda juga menjaganya agar tidak mudah terserang hama sehingga tanaman tidak berpenyakit. Langkah untuk menjaganya yaitu:

-          Jemur pakis yang sudah tua pada terik matahari selama 4-7 hari.

-          Rendam pakis dalam campuran air dengan pestisida dan fungisida.

-          Atau dengan menyemprotkan air pada pakis sehingga tidak bercampur dengan tanah.


, tanaman bunga
Admin November 13, 2013 5