Memulai Usaha Rental Sewa Tanaman Hias

Memiliki koleksi tanaman hias memang menyenangkan, apalagi jika koleksi yang dipunya cukup banyak jumlah dan jenisnya. Namun dengan hobi inilah yang lumayan cukup menghasilkan uang jika anda berpikir untuk memiliki usaha. Saat ini usaha menyewakan tanaman atau disebut juga dengan rental tanaman hias cukup menambah pendapatan. Target pemasarannya seperti hotel, perkantoran, dan instansi lainnya adalah contoh yang bisa menjadi pelanggan rental tanaman.

rental tanaman hias

Gedung-gedung perkantoran dan lainnya biasanya memerlukan tanaman dalam ruangan maupun luar ruangan sebagai penyejuk dan penyegar agar terasa lebih nyaman. Tanaman hias juga dimaksudkan sebagai dekorasi tata ruang agar terasa lebih asri dan hidup. Rental tanaman bisa menjadi alternative bagi mereka untuk meminimalisir biaya seperti perawatan dan lainnya yang cukup merepotkan.

Terlebih lagi, keterbatasan ruang dan juga membutuhkan perawatan sehingga menambah pekerjaan lebih. Oleh karena itu menyewa tanaman lebih efektif karena setiap waktu tertentu tanaman akan diambil dan diganti untuk di rawat kembali dan di beri pupuk untuk tanaman hias agar sehat kembali, jadi tak perlu khawatir tanaman akan mati. Alasan inilah menjadikan rental tanaman hias sebagai peluang usaha yang cukup bagus.

Untuk memulai usaha rental tanaman hias juga sangat mudah, dengan pemasukan dari penyewa tanaman sudah cukup untuk biaya perawatan kembali dan menambah stok tanaman. Dibandingkan dengan menjual bunga yang harus menunggu ada yang membeli untuk mendapatkan modal kembali. Tugas rutin rental tanaman yaitu mengatar tanaman dan menjemput tanaman yang akan dirawat kembali. Dalam usaha rental tanaman umumnya terdapat kontrak dengan penyewa, isinya adalah jenis-jenis tanaman yang disewa, jumlah tanaman dan aturan peletakan tanaman. Biasanya pihak penyewa akan datang untuk melakukan persepakatan penyewaan.

pupuk untuk tanaman hias

Hal yang perlu disiapkan dalam usaha sewa tanaman hias adalah lokasi dan lahan untuk budidaya tanaman serta koleksi varian tanaman yang cukup dan populer agar menarik minat pelanggan. Seterusnya jika mulai ramai pelanggan, gunakan tenaga kerja untuk merawat dan promosi usaha, sediakan juga kendaraan untuk antar jemput tanaman. Tanaman juga harus di periksa misalnya seminggu sekali untuk memastikan apakah perlu diganti atau tidaknya. Pelayanan yang baik dan juga tanaman yang sehat merupakan kunci utama dalam usaha rental tanaman.

Karena setiap tanaman yang disewakan harus tetap hidup dan sehat, penting untuk di ketahui kriteria tanaman tersebut serta perawatan yang baik agar pelanggan tidak kecewa. Beberapa contoh tanaman sewa tanaman hias adalah seperti adenium, palem-paleman, anthurium, aglaonema, dracaena, ficus dan tanaman bunga seperti anggrek bulan dan krisan.

sewa tanaman hias

Bukan hanya instansi ataupun gedung perhotelan dan mall saja yang menjadi target usaha sewa tanaman hias, tapi juga beberapa even seperti karnaval, pesta pernikahan, dekorasi panggung dan lainnya.