Memilih Media Tanam untuk Anggrek dalam Pot

Anggrek merupakan bunga hias yang sangat digemari di dunia. Bunga ini memiliki bentuk sangat unik, kaya akan spesies berbeda dan kaya warna indah. Agar tanaman anggrek dapat berbunga dengan baik, dibutuhkan media tanam khusus untuk pertumbuhannya. Untuk mengetahui media tanam yang baik, maka perlu kita ketahui jenis anggrek berdasarkan tempat tumbuhnya, yaitu:

  1. Anggrek epifit

Tumbuh menumpang pada pohon lain namun tidak merugikan pohon tersebut, membutuhkan naungan dari cahaya matahari, akarnya dapat menyerap makanan dari hujan, udara dan kabut dari sekitar. Contohnya: dendrobium, cattleya, phalaenopsis dan vanda.

  1. Anggrek terestrial

tumbuh di tanah dan memerlukan cahaya matahari dan mengambil makanan dari tanah. Contohnya: phaius.

  1. Anggrek saprofit

Anggrek tidak berdaun dan tidak berklorofil tumbuh pada kandungan humus atau dedaunan kering dan membutuhkan sedikit cahaya matahari. Contohnya: goodyera.

  1. Anggrek litofit

Tumbuh pada batu-batuan atau tanah berbatu, tahan terhadap cahaya matahari penuh, mengambil makanan dari humus, hujan dan udara. Contohnya: paphiopedilum.

media tanam untuk anggrek

Dengan demikian, media tanam untuk anggrek yang terbaik adalah:

  1. Untuk anggrek epifit terdiri dari:

-          Serat pakis yang telah digodok

-          Kulit kayu yang dibuang getahnya

-          Sabut kelapa yang telah direndam air selama 2 minggu

-          Ijuk

-          Sphagnum moss

-          Potongan batang pohon enau

-          Arang kayu

-          Pecahan genteng merah atau batu bata merah

-          Rockwool (serat olahan batu gunung vulkanik)

  1. Untuk semi epifit

Sama dengan media tanam anggrek epifit, dan bagi anggrek yang mengambil makanan dari media tanamnya maka perlu diberi tambahan suplemen makanan dengan pupuk kompos atau pupuk kandang.

  1. Untuk anggrek terestrial

-          Tanah subur dengan tambahan pupuk kompos, pupuk kandang, sekam, dan pakis.

-          Untuk semi terestrial menggunakan pecahan genteng mereah agak besar dan tambahan pupuk kandang, serat pakis dan sekam.

Selain itu, anda juga perlu memahami media tanam sebagai syarat media tanaman dalam pot yang baik, sehingga tidak ada kesulitan dalam pertumbuhannya, diantaranya:

1)      Media tanam harus bisa menopang batang tanaman sehingga dapat berdiri tegak dalam pot serta tidak mudah roboh, maka pilih media tanam yang tidak mudah lapuk dan tahan lama. Seperti halnya sabut kelapa yang harus anda ganti jika sudah mulai lapuk atau membusuk.

2)      Memiliki unsur hara yang baik dengan makro dan mikro yang seimbang.

3)      Harus bersifat porous yang dapat menyerap air dan mampu mengalirkan kelebihan air yang tidak terpakai sehingga air tidak menggenang dalam pot.

4)      Media tanam harus bersih dan sehat, maka perlu penyemprotan hama dengan pestisida.


, tanaman bunga
Admin November 12, 2013 5