Cara Tanam Buah dan Tanam Hias untuk Hasil yang Memuaskan

tanam buah

Terdapat beberapa perbedaan dalam cara tanam, terutama cara tanam yang dilakukan di lahan terbuka dan di dalam pot, sehingga sangat penting untuk diperhatikan. Ada beberapa cara mudah tanam buah di dalam pot, yaitu:

  1. Pilih jenis dan ukuran pot yang sesuai dan cocok dengan ukuran tanaman, serta pastikan pot memiliki lubang drainase yang cukup. lalu letakkan pot di tempat terkena cahaya matahari.
  2. Masukkan pecahan batu bata, pecahan genting ataupun ijuk atau daun kering sebagai pengikat air.
  3. Masukkan tanah subur dan bersih, dan gemburkan tanah dengan pemberian suplemen tanaman dengan pupuk kompos atau pupuk kandang.
  4. Tanam tanaman buah tersebut kedalam tanah kira-kira sedalam 2 cm, dan usahakan agar tanah tidak melebihi bibir pot, sebaiknya sisakan 2 cm pada bibit pot, selanjutnya siram media tanam dengan air bersih.
  5. Setelah menanam anda perlu merawatnya dengan penyiraman pada pagi dan sore hari dengan air cukup dan tidak menggenang dalam pot.
  6. Lakukan pemupukan baik ditanam atau disemprot selama seminggu sekali, dan ketika tanaman membesar lakukan sebulan sekali.
  7. Lakukan penyemprotan pestisida agar tanaman tidak terserang hama penyakit.
  8. Lakukan pula pemangkasan pada daun tua dan batang yang kering agar pertumbuhannya tidak terganggu.

Cara tanam di lahan terbuka pun sama halnya dengan tanam dalam pot. Bedanya adalah tidak perlu menggunakan pecahan batu bata atau genting, karena untuk lahan terbuka yang dibutuhkan adalah tanah subur dan gembur, sehingga perlu diberi pupuk, dan tentunya lahan menanam mendapat cahaya matahari cukup.

Hampir sama pula dengan cara tanam hias baik tanaman daun atau tanaman bunga. Bedanya adalah tanaman hias dapat ditanam dalam pot yang bisa diletakkan dalam ruangan, berbeda dengan buah, karena buah merupakan tanaman tahunan yang membutuhkan media tanam terbaik dan cahaya matahari yang cukup, sehingga lebih cocok ditanam di luar ruangan.

Tanaman hias dapat ditanam di halaman rumah anda, dengan cara menanamkannya pada bidang tanah subur yang telah dicampur dengan pupuk organik atau pupuk kimia, serta dengan melakukan penyiraman secara cukup hanya pada batang dan akarnya, dan tidak terkena daun sehingga tidak mudah layu. Bagi tanaman hias daun dan bunga bisa anda tanam dalam pot, lalu diletakkan di teras rumah, sudut ruangana atau di atas meja. Tanaman pagar bisa anda tanam dekat pagar sehingga tumbuh menghiasi pagar rumah anda, dan tanaman merambat bisa anda tanam dalam pot dan meletakkannya di tiang kanopi atau di atas kanopi sehingga merambat dan menutupi kanopi rumah anda.


, tanaman buah
Admin November 9, 2013 5