Cara Merawat Tanaman Hias Bunga

Tak jarang orang yang saat ini menggunakan tanaman sebagai salah satu jenis hiasan untuk rumahnya, baik di dalam ruangan yang menggunakan pot ataupun di halaman rumah secara terbuka. Salah satu tanaman hias adalah bunga yang sangat menarik dipandang karena bentuk dan warnanya yang indah serta aromanya yang harum. Dalam hal ini, tentunya kita harus melakukan perawatan khusus terhadap tanaman hias bunga agar tetap terlihat menarik dan segar. Adapun yang perlu diperhatikan adalah penyiraman, pemupukan, pembersihan hama, pemangkasan, serta penggantian pot.

  • Penyiraman

tanaman hias bunga, tanaman bunga

Air merupakan unsur penting dalam perawatan tanaman, karena air membawa unsur hara dan unsur makanan bagi tanaman melalui akarnya yang dibawa ke daun dan bunga sehingga bunga tidak mudah layu. Penyiraman yang dilakukan terhadap tanaman dalam pot diharapkan tidak terlambat sehingga tidak mudah layu dan mati, dan tidak berlebihan, karena penguapannya sedikit, berbeda dengan tanaman hias di halaman terbuka yang membutuhkan banyak air karena banyak terjadi penguapan. Penyiraman sebaiknya menggunakan semprotan agar air tidak merusak tanaman dan dapat menyiram seluruh permukaan daun, bunga dan akar. Air yang digunakan adalah air bersih yang tidak membawa bibit penyakit, dan penyiraman biasa dilakukan pagi hari atau sore hari.

  • Pemupukan

tanaman hias bunga

Dengan melakukan pemupukan maka nutrisi yang dibutuhkan tanaman bunga dapat terpenuhi. Pemberian pupuk dilakukan sesuai dengan dosis yang tercantum pada kemasan pupuk yang digunakan, karena setiap tanaman membutuhkan unsur hara yang berbeda-beda, dan pemupukan dapat dilakukan sebulan sekali.

  • Pembersihan hama

Hal ini pun perlu dilakukan, karena terkadang terdapat hewan pengganggu yang dapat merusak bunga dan daun seperti kutu daun, ulat, dan juga kupu-kupu, dan hal ini dapat merusak keindahan tanaman hias. Untuk itu, perlu dilakukan penyemprotan dengan obat yang sesuai dengan jenis tanaman bunga dan sesuai takaran.

  • Pemangkasan

Dengan melakukan pemangkasan terhadap tanaman hias, maka dapat mempercantik tanaman anda. Bahwa pertumbuhan batang dan daun menjadi lebih sempurna dan terlihat lebih indah karena proses pertumbuhannya menjadi lebih teratur. Selain itu, juga bisa memutuskan siklus hama sehingga tanaman terhindar dari hama dan penyakit.

  • Penggantian pot

Tanaman yang ditanam dalam pot sebaiknya melakukan penggantian pot, dengan cara memindahkan tanaman ke dalam pot yang baru, sehingga proses pertumbuhan tanaman tidak terhambat, karena terkadang akarnya dapat memenuhi pot. Selain itu, tanaman dalam pot yang ditaruh didalam ruangan perlu dikeluarkan beberapa minggu sekali karena tanaman juga membutuhkan udara segar dan sinar matahari yang cukup. Dengan demikian, tanaman hias akan selalu terlihat segar, indah, menarik dan tetap harum sepanjang hari.

 


, tanaman bunga
Admin October 9, 2013 5