Budidaya Tanaman Jagung, Karet, dan Padi

Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim panas. Keduan musim ini sangat berpengaruh terhadap iklim yang ada di Indonesia terutama dalam aspek pertanian, karena jika suhu atau iklim yang baik akan sangat mempengaruhi hasil panen para petani. Sebagai warga Indonesia pasti sudah tidak mengenal lagi kata jagung, apalagi jagung manis yang  biasa di bakar di sudut pantai-pantai. Di Indonesia budidaya tanaman jagung sudah tidak asing lagi. Banyak masyarakat Indonesia yang membudidayakan tanaman jenis ini. Tanaman jagung biasanya akan tumbuh dalam kisaran iklim yang luas. Untuk jenis tanaman jagung manis biasanya di budidayakan dari dataran rendah hingga pegunungan dengan ketinggian 1.800 meter. Karena tanaman jagung ini sangat memerlukan unsure nitrogen (N) dalam jumlah yang besar, kemudian dalam pemberian pupuk kita harus memperhatkan keseimbangan antara nitrogen, kalium dan pospat.

budidaya tanaman jagung

Selain tanaman jagung, Indonesia juga membudidayakan tanaman karet, bahkan sebagian besar tanaman karet di Indonesia sangat besar. Budidaya tanaman karet selain sebagai investasi Negara Indonesia karena tanaman karet ini sangatlah penting maknanya. Selain sebagai investasi Negara tanaman karet ini juga mempunyai arti penting dalam aspek kehidupan sosial ekonomi masyarakat di Indonesia, yaitu sebagai salah satu komoditi penghasil devisa Negara juga sebagai tempat persediannya lapangan pekerjaan. Untuk menanam pohon karet tersebut dibutuhkan

  • tanah yang gembur
  • kedalaman antara 1 -2 meter
  • tidak bercadas
  • PH tanah 3,5 – 7, 0
  • Ketinggian tempat sekitar 0-400 meter dan tempat paling baik pada ketinggian 0-200 meter, setiap kenaikan 200 meter matang sedap terlambat 6 bulan.

Budidaya tanaman karet

Selain budidaya tanaman jagung, budidaya tanaman  karet di Indonesia juga ada  yang namanya budidaya tanaman padi. Budidaya tanaman ini sangat penting, mengingat padi setelah diproses menjadi beras adalah makanan pokok seluruh masyarakat Indonesia dan ini tidak akan punah sampai kapanpun. Maka banyak para petani berlomba-lomba membudidayakan tanaman padi tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk menanam padi atau budidaya padi perlu kita ketahui ada bebagai langkah-langkahnya untuk mendapatkan panen padi yang baik dan berkualitas. Untuk menanam padi diperlukan bibit yang bermutu, dan untuk mendapatkan bibit yang bagus ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan persemaian tersebut, yaitu sebagai berikut :

  1. Memilih tempat persemaian
  2. Mengerjakan tanah untuk persemaian
  3. Penaburan biji
  4. Pemeliharaan persemaian

budidaya tanaman padi

Untuk mendapatkan hasil panen padi yang bagus dan bermutu selain dibutuhkan pemeliharaan yang maksimal, juga sangat dibutuhkan pemupukan yang baik baik itu pupuk organic maupun pupuk non-organik. Karena tanpa  proses pemupukan maka hasil tanaman padi kurang maksimal.